oleh

Sidang Isbat Pemerintah Tetapkan Idul Adha Jatuh 22 Agustus 2018

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan tanggal 1 Zulhijjah 1439 H jatuh pada Senin, thirteen Agustus 2018. Dengan demikian, Hari Raya Idul Adha 2018 dipastikan jatuh pada 22 Agustus 2018.

Ketetapan tersebut berdasarkan hasil sidang isbat awal Dzulhijjah yang digelar di kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

“Tanggal 1 Dzulhijjah ditetapkan pada Hari Senin, thirteen Agustus 2018, sehingga 10 Zulhijjah ditetapkan pada Hari Raya Idul Adha Hari Rabu, 22 Agustus 2018,” kata Dirjen Bimas Islam, Kementerian Agama Muhammadiyah Amin pada Sabtu, (Eleven/eight/2018) malam.

Ia menjelaskan, terdapat ninety two lokasi rukyatul hilal, tempat melihat hilal, yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari semua lokasi tersebut pelaku rukyatul hilal menyatakan tidak melihat hilal atau posisinya masih di bawah ufuk.

Karena hal itu, Amin menyebut, untuk menentukan tanggal 1 Dzulhijjah, dalam sidang isbat menggunakan pedoman yang telah ditetapkan oleh Majelis Ulama Indonesia.

“Berdasarkan sidang isbat 1439 H, kita sempurnakan dengan cara ijtimal dan menetapkan malam ini tanggal 30 Zulkaidah,” jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Menjelang hari raya Idul Adha, permintaan sapi di Situbondo Jawa Timur meningkat 30 hingga forty persen. Para pedagang harus mendatangkan sapi dari kepulauan Madura yang harganya lebih murah. Sapi sapi itu terpaksa dilempar ke laut karena tidak ada pe…

Read More

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed