oleh

Lima provinsi dengan jumlah korban kecelakaan tertinggi sepanjang 2017


Merdeka.com –Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan, ada lima provinsi dengan angka kecelakaan lalu lintas tertinggi di Indonesia sepanjang 2017. Sebanyak 72 persen kecelakaan di jalan raya dipicu tabrakan dengan melibatkan kendaraan bermotor.

“Dari data yang didapat Kemenhub, Jateng jumlah korban 8.815 menjadi daerah dengan korban laka lantas terbanyak kedua setelah Jawa Timur. Sedangkan Jatim sendiri menempati tertinggi pertama di Indonesia dengan korban 8.835 jiwa,” ujar Budi Karya Sumadi usai menghadiri dialog Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2018 di Gedung Merbabu PRPP Semarang, Minggu (12/8).

Di posisi ketiga ada Jawa Barat mencapai 2.952 korban jiwa. Disusul Sulawesi Selatan dengan jumlah korban 2.610 jiwa. Terakhir Sumatera Utara dengan korban 2.493 jiwa. Budi menekankan kepada pengguna jalan supaya mengurangi potensi-potensi kecelakaan. Sebab angka kecelakaan lalu-lintas selama setahun terakhir terbilang tinggi.

“Korbannya 80 persen menimpa kaum milenial. Antara 15 sampai 30 tahun,” terangnya.

Budi mengimbau pengguna jalan untuk memperhatikan peraturan lalu-lintas serta kelengkapan motor saat mengendara. Sebab kecelakaan sepeda motor banyak diakibatkan perilaku pengendara yang mengendarai motor dengan kecepatan di atas rata-rata.

“Antisipasinya ya sayangi nyawa, kurangi kecepatan bagi pengendara. Perhatian SIM dan, gunakan helm,” pesannya.[noe]

Read More

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed