Bioskop Online – ” The Man from the Sea “, Drama-Fantasi Berlatar Tsunami

Bioskop Online –¬†Layar-lebar yang berlatar narasi bencana tsunami telah banyak di produksi. Tetapi, film Laut (The Man from the Sea), hasil kerjasama Jepang serta Indonesia, menjanjikan narasi yang berlainan. Karya sutradara Koji Fukada ini bermain dalam genre drama-fantasi. ” Narasi ini fiksi, fantasi, ” tuturnya Koji dalam jumpa pers film itu di CGV Cinemas, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (7/11/2017). Hal tersebut tercermin dari alur kisahnya yang bercerita mengenai seseorang pria misterius (Dean Fujioka) yang diketemukan terdampar di pesisir pantai sekitaran Banda Aceh. Ia lalu dinamakan Laut oleh beberapa orang yang menemukannya. Laut lalu lakukan beragam keajaiban sampai berbuntut pada suatu insiden yang lalu buat beberapa orang berprasangka buruk padanya Koji menyebutkan, inspirasi narasi yang ia buat bermula dari kunjungannya ke Banda Aceh pada 2011 lantas dalam rencana simposium bertopik Joint Disaster Recovery. Jepang serta Aceh saat itu keduanya sama sempat dihantam tsunami.

” Ketika itu saya cukup memperoleh culture shock karna ketahui bagaimana beberapa sarana hadapi musibah bencana alam disana lain dengan Jepang, ” katanya. Langkah pandangnya pada alam juga beralih mencolok. Ia mengerti kalau alam yang demikian indah di satu bagian miliki kemampuan menghancurkan serta memusnahkan manusia. Pergi dari situ, sutradara pemenang Cannes Film Festival itu mulai membuat satu cerita drama-fantasi mengenai laut serta pria bernama Laut. ” Kunjunganku ke Aceh merubah pandanganku mengenai nilai-nilai. Kota itu ada pada ketertiban serta kekacauan. Saya penasaran apa yang akan berlangsung bila anak muda Indonesia serta Jepang tersambung di situ. Fantasi ini yaitu motivasi film ini, ” kata Koji pada Bioksop Online.

” Jepang serta Indonesia sharing satu laut. Sebenarnya semua dunia dikaitkan oleh satu laut. Saya menginginkan melukiskan kenyataan itu lewat ciri-khas misterius bernama laut, ” sambungnya. Terkecuali bintang-bintang dari Jepang, Koji menggandeng aktor Adipati Dolken serta pemain film Siti bernama Sekar Sari ada dalam Laut (The Man from the Sea). ” Adipati, Sekar serta sebagian pemain Indonesia beda yaitu pemain-pemain unggul. Tidak bsa dinilai mana yang lebih unggul pemain Indonesia atau Jepang. Namun aktor Indonesia segera dapat akrab dengan artis-artis jepang, itu begitu membahagiakan saya, ” tutur Koji. Sistem pengambilan gambar film Laut (The Man from the Sea) telah dikerjakan pada Agustus 2017 lantas serta tetap dalam step editing. Gagasannya, film kerja serupa pada Kaninga Pictures serta Nikkatsu ini tampil perdana di Jepang pada awal th. depan. Sesaat, di Indonesia ditargetkan tampil pertengahan 2018.